Header Ads

Breaking News
recent

Indonesia Sebenarnya Sudah Surplus Beras

BLOG | Indonesia sebenarnya sudah surplus beras tahun ini. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Menteri Pertanian, seperti dalam berita di bawah ini: 


Wakil Menteri Pertanian Rusman Heryawan, mengatakan, saat ini, Indonesia sudah mulai mampu merealisasikan target surplus beras dalam upaya menjaga ketahanan pangan nasional.

"Sampai akhir Oktober 2012, target surplus beras kita sudah mencapai angka 4,5 hingga 5 juta ton," ujar Rusman, di komplek pabrik pengolahan benih milik Pt.Sang Hyang Seri Sukamandi, Subang, Jumat, 2 Nopember 2012.

Kecuali mampu menjaga ketahanan pangan, menurut Rusman, pemerintah sebelumnya telah mencangkan target surplus beras nasional pada tahun 2014 hingga 10 juta ton.

Ia mengungkapkan, untuk dapat merealisasikan pencapaian target 10 juta ton beras tersebut diperlukan peningkatan produksi gabah kering giling (GKG) rata-rata enam persen per tahun.

"Untuk mencapai angka itu berat, diperlukan upaya yang sungguh-sungguh dari sedmua pihak termasuk BUMN yang bergerak di bidang pangan," tutur Rusman.

Ia menyebutkan, tahun 2012, berdasarkan perhitungan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi GKG mengalami kenaikan 4,9 persen atau hampir lima persen.

"GKG-nya mencapai angka 69 juta ton atau setara dengan 40 juta ton beras," terang Rusman. Angka kenaikan tersebut cukup tinggi dibandingkan dengan tahun sebelumnya dan hanya kalah oleh kenaikan tahun 2009 yang mencapai di atas 5 persen.

Secara khusus Rusman meminta pimpinan PT.Sang Hyang Seri, sebagai BUMN pangan yang bergerak dalam pengadaan benih padi, bisa bekerja lebih serius dalam mendukung program ketahan nasional.

"Jangan main-main dengan benih. Sebab, satu butir benih bisa menghasilkan 200 hingga 300 buliran gabah," imbuh Rusman, seraya berpesan Sang Hyang Seri terus memproduksi benih padi varietas tinggi.

Direktur Utama Pt Sang Hyang Seri, Kaharuddin, mengatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah varietas unggulan tahan hama, tahan banjir dan tahan kekeringan.

"Kami telah siapkan benih padi varietas inpari 13 yang tahan hama wereng, varietas inpago SHS 1,2 dan 3 untuk daerah kering dan varietas inpara untuk daerah banjir," ujar Kaharuddin.
loading...

No comments:

Powered by Blogger.